Memuji Dengan Nyanyian Dalam Ibadah Jemaat

Rohani Siahaan

Abstract


Apa yang kita lakukan pada waktu kita memuji dalam ibadah? Ketika pemimpin pujianmengajak kita dengan akrab : "Mari kita memuji Tuhan dengan menyanyi dari nomor... bagaimana kita memuji?
Di dalam Alkitab banyak kutipan yang maknanya memerintahkan kita untuk memujiTuhan, bagaimana caranya supaya kita berhasil memenuhi perintah tersebut? Persiapan apa yang harus dilakukan? Apakah suara saja tidak cukup?
Hal memuji dengan nyanyian rupanya perlu dimaknai secara benar dan tepat karena dalam ibadah, nyanyian dan pujian berperan membawa kita memasuki hadirat Tuhan.

Dari banyak hal yang diuraikan tentang memuji dengan nyanyian dalam ibadah, maka aklamasi dan proklamasi merupakan pokok utama yang harus terkandung dalam setiap nyanyian jemaat. Keduanya tidak dapat dipisahkan atau dikesampingkan, karena dari kedua pokok tersebut alamat nyanyian menjadi jelas, bukan diri kita sendiri atau orang-orang yang terlibat dalam pelayanan nyanyian, melainkan Allah dan dunia sebagai kerajaan-Nya. Demikian juga isi nyanyian, bukan perasaan hati kita, melainkan kekudusan dan pengasihan Allah serta perbuatan-Nya yang besar terhadap dunia ciptaan-Nya. Oleh sebab itu, perlu memerhatikan lagu atau nyanyian yang mana
hendak digunakan; jenis, bentuk, dan gaya menyanyikannya, semua harus dipersiapkan. Barangkali salah satu - bahkan semua - dari keempat cara yang sudah diuraikan di muka, dapat menjadi pilihan, tetapi harus tetap disadari bahwa setiap gereja sudah mempunyai 'aturan main' dalam menata ibadah masing-masing terutama dalam penggunaan nyanyian dan cara menyanyikannya.


Keywords


ibadah, jemaat, nyanyian, Kerajaan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abineno, J.L.Ch. Gereja dan lbadah Gereja. Jakarta BPK Gunung Mulia, 1986.

Handol, John ML. Nyanyian Lucifer. lkhwal Penciptaan & Pengaruh Musik Terhadap Kerohanian, Kesehatan dan Keiiwaan. Yokyakarta: ANDI, 2002.

Hicks, Roger W.1977. The Alliance. Everyone Has Some Gift of Music

Hustad, Donald P. 1981. JUBILATE Church Music in the Evangelical Tradition. Hope Publishing Company, Carol Stream, lllionis.

LLB. Pengetahuan Dasar Musik Gereja. Bandung. 1983.

Martasudjita E. Pr-Kristanto, J.Pr. Musik&Nyanyian Liturgi. Yokyakarta: Kanisius. 2000.

Salim, Peter. Advanced English-lndonesian Dictionary. Jakarta: Modern English Press. 1993.

STTJ : Diktat Musik Gereja dariMasa ke Masa.Ujungpandang

Diktat Dasar Musik Gerejawi. Ujungpandang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v5i1.122
viewed = 0 times




Copyright (c) 2007 Jurnal Jaffray

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN 1829-9474
eISSN 2407-4047

Copyright © Jurnal Jaffray 2014-2023