Metode Pembelajaran Melalui Film Superbook dan Minat Belajar Firman Tuhan Pada Anak Usia 6-8 Tahun

Yurika Vitri Bayoe, Meily Lunanta Kouwagam, Parel Tanyit

Sari


Tujuan penulisan ini ialah untuk mengkaji metode pembelajaran melalui film Superbook dan minat belajar firman Tuhan pada anak usia 6-8 tahun. Metode yang dipakai ialah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi kepustakaan dan penelitian lapangan berupa observasi dan wawancara kepada anak usia 6-8 tahun. Kriteria anak yang berminat jika anak senang untuk belajar, tertarik untuk belajar, terlibat aktif di dalam pelajaran maupun memberikan perhatian saat proses pembelajaran dengan tetap berkonsentrasi. Hasil observasi menunjukkan minat belajar firman Tuhan pada anak usia 6-8 tahun untuk belajar nilai-nilai Alkitab, dan dapat bertumbuh di dalam Tuhan melalui media film.


Kata Kunci


media pembelajaran, film, Superbook, minat, belajar, usia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


“Apa itu Superbook?” Diakses 16 Mei 2018. http://www.superbookindonesia.com/about/about_superbook.html.

Brewster, Dan. Child, Church, and Mission. Jakarta: Compassion Internasional, 2011.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

“Film Animasi Superbook.” Diakses 30 Maret 2018. https://www.superbookindonesia.com/about/animation.html

Haryoko, Sapto. “Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran.” Jurnal Edukasi @Elektro 5, no. 1 (Maret 2009):1-10.

Hasanah, Umrotul & Lukman Nulhakim, “Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis,” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 1, no. 1 (November 2015): 91-106.

Maesaroh, Siti. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan 1, no. 1 (November 2013): 150-168.

Marcus, Alan S., Scott Alan Metzger, Richard J. Paxton, Jeremy D. Stoddard, Scott Alan Metzger, Richard J. Paxton, and Jeremy D. Stoddard. Teaching History with Film : Strategies for Secondary Social Studies. Routledge, 2018. Accessed April 12, 2019. https://www.taylorfrancis.com/books/9781351137720.

Paulus, Lie. Mereformasi Sekolah Minggu. Yogyakarta: ANDI, 2006.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2014.

“Satu Harapan: Superbook, Film Animasi Kisah Alkitab Tayang di Televisi Indonesia.” Diakses 16 Mei 2018. http://www.satuharapan.com/read-detail/read/superbook-film-animasi-kisah-alkitab-tayang-di-televisi-indonesia.

Semali, Ladislaus. Literacy in Multimedia America: Integrating Media Education across the Curriculum. London: Routledge, imprint of Taylor & Francis Group, 2018. Accessed April 12, 2019. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&scope=site&db=nlebk&db=nlabk&AN=1640912.

Setyandari, Ana. “Inovasi Pemanfaatan Media Film Untuk Peningkatan Kemampuan Listening Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Magistra XXVII, no. 91 (Maret 2015): 45-52.

Sumantri, Mohamad Syarif. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016.

Superbook Indonesia. “Bersama Superbook Saat Gereja Mitra Membuka Diri Memberkati Gereja.” Youtube, diakses 13 Agustus 2018, http://youtu.be/5PiULXv_ILE

Syaodih, Ernawulan. “Perkembangan Anak Usia Dini (6-8 tahun).” http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/196510011998022-ERNAWULAN_SYAODIH/perk_anak__6-8_th_.pdf.

Trianingsih, Rima. “Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 3, no. 2 (Oktober 2016): 197-211.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Wijaya, Hengki. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2018.

Witriningrum, Sri Galuh, Endang Kurniati, and Joko Sukoyo. “Pengembangan Media Film Kartun Berbahasa Jawa Untuk Pembelajaran Dialog Siswa Kelas X SMA Di Banyumas.” Jurnal Penelitian Pendidikan 34, no. 1 (August 29, 2017): 77–84.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v17i1.327
Sari view : 0 times
PDF - 0 times