Pelayanan Misi Kontekstual di Era Masyarakat Digital

Margareta Margareta, Romi Lie

Abstract


Pelayanan misi kontekstual merupakan sebuah strategi misi yang menempatkan kebutuhan dan konteks budaya masyarakat sebagai pusat perhatian dalam memberikan pelayanan. Dalam era masyarakat digital, pelayanan misi kontekstual menjadi semakin penting karena adanya perubahan dalam gaya hidup dan cara berinteraksi manusia dengan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan tinjauan literatur dari beberapa sumber yang relevan. Bagaimana gereja bisa bermisi di dunia digital, secara khusus kepada masyarakat digital, yang menjadi salah satu strategi pekabaran Injil ke masyarakat digital. Hasilnya Gereja perlu memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk melakukan pelayanan misi di era digital dengan membina influencer rohani dan mempertahankan pola komunikasi Kristen yang mudah diakses dan dipahami di platform digital.

 

Abstract

Contextual mission service is a mission strategy that places the needs and cultural context of society at the center of attention in providing services. In the era of digital society, contextual mission service is becoming increasingly important due to changes in lifestyle and how humans interact with technology. This study uses a qualitative approach by conducting a literature review from several relevant sources. The focus is on how the church can spread the Gospel to the digital society, specifically as a strategy to spread the Gospel to the digital society. The result is that the church needs to utilize technology and social media to carry out mission service in the digital era by cultivating spiritual influencers and maintaining Christian communication patterns that are easily accessible and understood on digital platforms.


Keywords


Era Digital; Kontekstual; Misi; Penginjilan; Strategi missolog

Full Text:

PDF

References


Anjani, S., & Irwansyah. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203–229. https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/1929.

Berapa Usia Mayoritas Pengguna Media Sosial di Indonesi – Databooks. (2020) Diakses 01 Maret 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/23/berapa-usia-mayoritas-pengguna-media-sosial-di-indonesia.

David, Bosch J. (1999). Transformasi Misi Kristen. Jakarta; BPK Gunung Mulia.

Enam Urutan Generasi Manusia – HaloEdukasi. (2023). Diakses 01 Maret 2023. https://haloedukasi.com/urutan-generasi-manusia.

Gultom, J. M. P., & Sophia, S. Kedudukan Bapa Rohani dalam Penggembalaan Generasi Digital menurut 1 Korintus 4:14-21, Gracia Deo: Jurnal Teologi Gracia Deo. http://www.sttbaptisjkt.ac.id/ejournal/index.php/graciadeo/article/view/92/68

GP, Harianto (2012). Komunikasi Pemberitaan Injil. Yogyakarta: ANDI

Haloedukasi.com: Masyarakat Digital: Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh. (2023) https://haloedukasi.com/masyarakat-digital.

Kusmanto, F. (2021). Pelaksanaan Pendekatan Penginjilan Kontekstual. Jurnal Teologi Kontekstual, 2(2), 16-26. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/JTKI/article/download/439/pdf.

Malik, H. (2021). Cyber Religion dan Real Religion di Tengah Masyarakat Digital. Jurnal Komunika, 4(1), 63-78. https://doi.org/10.24042/komunika.v4i1.8615.

Maudi, S. (2018). Socrates Café: Bijak, Kritis & Inspiratif Seputaran Dunia dan Massyarakat Digital Media Sosial, UU ITE, hingga Cyber Crime. Jakarta: Gramedia.

McGrath, A. E. (2007). Spiritualitas Kristen. Medan: Bina Media Perintis.

Mengenal Generasi Baby Boomers, X, Y, Z dan Alpha – Gramedia Blog. (2023) https://www.gramedia.com/literasi/generasi-baby-boomers-x-y-z-alpha/.

Pengertian Generasi X, Y, Milenial dan Boomers – Kompas.com. (2023) https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/17/130000069/jangan-tertukar-ini-pengertian-generasi-x-z-milenial-dan-baby-boomers.

Proporsi Individu Yang Menggunakan Internet Menurut kelompok Umur – Badan Statistik Pusat. (2019). https://www.bps.go.id/indicator/27/1228/1/proporsi-individu-yang-menggunakan-internet-menurut-kelompok-umur.html.

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Al-Fatih: Jurna Bahsa dan Sastra Anak, 2(1), 47-59. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/al-fathin/article/view/1423.

Ronda, D. (2016). Pemimpin dan Media: Misi Pemimpin Membawa Injil Melalui Dunia Digital. Jurnal Jaffray, 14(2), 189-198. https://ojs.sttjaffray.ac.id/JJV71/article/view/210.

Sebanyak 57 Responden Survei Akui Pernah Akses Konten Pornografi di Internet – Kompas. (2021). Diakses 03 Maret 2023. https://adv.kompas.id/baca/sebanyak-57-persen-responden-survei-akui-pernah-akses-konten-pornografi-di-internet/.

Tomatala, Y. (2004). Penginjilan Masa Kini Jilid 1 & 2. Malang: Gandum Mas.

______. (2004). Teologi Misi. Jakarta: YT Leadership Foundation.

Wibowo, M. (2020). Roh Kudus Dalam Teologi Perjanjian Baru I: Roh Kudus, Agen Misi Allah Yang Kedua Dalam Injil Sinoptik dan Kisah Para Rasul. Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi, 1(1), 48-58. https://doi.org/10.47457/phr.v1i1.5.

Wijaya, P. A., & Darmawan, I P. A. (2019). Pembekalan Pendekatan Penginjilan di GKII Gerizim Nusa Dua. in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen STT Simpson Tahun 2016 Tema: Strategi Pembinaan Jemaat Untuk Meningkatkan Kehidupan Jemaat (presented at the Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan call for papers, Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson. 52–57. http://semnas.sttsimpson.ac.id/index.php/SNPK/article/view/7.

Wijaya, F. I., Sophia, S., Harefa, O., Sapalakkai, R. S. (2018). Motif Misi & Pertumbuhan Gereja Masa Kini. Real Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 1-8. 10.13140/RG.2.2.34081.63849.

Zis, S. F., Effendi, N., Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jitpk.v4i1.842
viewed = 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Margareta Margareta, Romi Lie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN: 2722-7553
eISSN: 2722-7561

 Copyright © 2023. All Rights Reserved.