Implementasi Komunikasi Paulus Kepada Jemaat Korintus dalam Pertikaian Hukum di Pengadilan

Cristian Adrian Agung, Julianus Buyi

Abstract


Ada berbagai kasus permasalahan yang terjadi di Korintus berdasarkan tulisan Paulus. Salah satu masalah adalah adanya jemaat yang mengadukan perkara mereka ke hadapan pengadilan dengan tujuan mencari keadilan kepada orang-orang yang belum percaya atau orang-orang kafir. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya kasus pengaduan ke pengadilan oleh Jemaat Korintus, dampak yang ditimbulkan, dan juga solusi yang diberikan oleh Paulus kepada jemaat di Korintus mengenai pengaduan ke pengadilkan. Metode yang digunakan di dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif atau Library Reserch di mana penulis meneliti dan mengumpulkan data dari buku-buku yang relevan dengan pokok bahasan di atas. Kesimpulan dari artikel ini adalah Paulus menyarankan agar setiap permasalahan yang terjadi di dalam jemaat diselesaikan dalam lingkungan jemaat saja, tidak perlu diketahui oleh pihak luar, apalagi oleh orang-orang kafir. Hal serupa juga semestinya diterapkan dalam jemaat masa kini, ketika terjadi pertikaian dalam jemaat, sebaiknya perkara demikian tidak dibawa ke hadapan pengadilan. Dengan demikian diharapkan gereja dapat mencapai kehidupan jemaat yang harmonis sekalipun jemaat terdiri dari berbagai kalangan.

 

There are various cases of problems that occurred in Corinth based on Paul's writings. One of the problems is that there are congregations who complain about their cases before the court with the aim of seeking justice for people who do not believe or are unbelievers. The purpose of this article is to find out the causes of complaints to the court by the Corinthian congregation, the impact they had, and also the solution given by Paul to the Corinthian congregation regarding complaints to the court. The method used in this article is qualitative research or Library Research where the author researches and collects data from books that are relevant to the subject above. The conclusion of this article is that Paul suggests that every problem that occurs within the congregation be resolved within the congregation, without needing to know about it from outside parties, especially unbelievers. The same thing should also be applied in contemporary congregations, when disputes occur within the congregation, such cases should not be brought before the court. In this way, it is hoped that the church can achieve harmonious congregational life even though the congregation consists of various groups.


Keywords


Implementasi; Jemaat; Komunikasi; Pengadilan; Pertikaian

Full Text:

PDF

References


Belo, Y. Implementasi Komunikasi Paulus Dalam Menyelesaikan Masalah berdasarkan Surat Filemon. https://jurnal.sttsetia.ac.id/index.php/phr/article/view/70/65 diakses 3 Januari 2023.

Buyi, J. (2021). Yesus Mengutuk Pohon Ara Berdasarkan Matius 21:18-22 dan Implikasinya Bagi Orang Percaya Masa Kini. Jurnal Kala Nea: Sekolah Tinggi Teologi Immanuel Sintang, 2(1), 14–38. https://jurnal.sttimmanuelsintang.ac.id/index.php/kalanea/article/view/103.

Drane, J. (2011). Memahami Perjanjian Baru. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Dyatmika, T. (2021). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Effendy, O. U. (2019). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Harianto. (2012). Komunikasi dalam Pemberitaan Injil. Yogyakarta: ANDI Offiset.

Jatmiko, B., Kawengian, S. E. E., Novita. Keadilan Pada Orang Orang Kudus: Pendekatan Non Litigasi Dalam Menyelesaikan Sengketa Berdasarkan 1korintus 6:1-11. http://jurnal.sttekumene.ac.id/index.php/VoxDei/article/view/162/47. diakses 3 Januari 2023).

Kinman, B. (1997). Appoint the Despied as Judges! (1 Corinthians 6:4). Tyndale Bulletin, 8(2), 345–354. https://tyndalebulletin.org/article/30376-appoint-the-despised-as-judges-1-corinthians-6-4.

King, L., Gibert, B. (2003). Seni Berbicara kepada siapa saja, kapan saja, di mana saja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Laurencia, F. Peranan Ilmu Komunikasi Dan Penerapannya Dalam Pelaksanaan Pekabaran Injil Di Ladang. https://www.sttiaa.ac.id/e-journal/index.php/geneva/article/view/72/49 diakses 4 Januari 2023.

Mali, M. (2014). Konsep Berpolitik Orang Kristen. Yogyakarta: Kanisius.

Malik, D. K. (2011). Kesatuan dalam Keragaman: Pendekatan Penggembalaan Paulus di Gereja Korintus dan Relevansinya untuk Gereja Masa Kini. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Muhammad, A. (2019). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Graha Indah.

Pfitzner, V. C. (2011). Ulasan atas 1 Korintus: Kesatuan dalam Kepelbagaian. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Purbaningrum, D. (2019). Komunikasi Organisasi. Banten: Universitas Terbuka.

Putri, N. P. C. S., Sugianingrat, I. A. P. W., & Mahayasa, I. G. A. (2022). Pengaruh Komunikasi Internal, Beban Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(4), 1032–1042. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyaamrita/article/view/1585.

Rumondor, B. (2021). Konsep Paulus Dalam Mengatasi Perpecahan Gereja di Korintus dan Implikasinya Pada Gereja Masa Kini. E-Journal: Pendidikan Dan Teologi Kristen, 1(2), 13–33. http://jurnal.stakam.ac.id/index.php/Rumea/article/ view/57/42#.

Saputra, J. A., Prie, H., Grace, A. (Desember 2022). Kritik Historis terhadap Konsep “Mencari Keadilan Pada Orang Tidak Benar” dalam 1 Korintus 6:1-9a. Jurnal Apokalupsis, 13(2), 153-175. http://ojs.hits.ac.id/index.php/OJS/article/view/61.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zamroni, M. (2022). Filsafat Komunikasi. Yogyakarta: IRCiSod.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jitpk.v4i2.807
viewed = 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cristian Adrian Agung, Julianus Buyi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN: 2722-7553
eISSN: 2722-7561

 Copyright © 2023. All Rights Reserved.