Konseling Pastoral Oleh Guru PAK Sebagai Upaya Menanggulangi Hambatan Pertumbuhan Iman Siswa Di SMA Negeri 4 Manado

Febriyanti Siramba

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Pastoral Konseling guru PAK sebagai upaya menanggulangi hambatan pertumbuhan iman siswa di SMA Negri 4 Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan penelitian ini dilaksanakan di SMA Negri 4 Manado. Data di peroleh melalui wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil analisis data diperoleh indikasi bahwa (1) Pastoral Konseling guru PAK sebagai upaya menanggulangi hambatan pertumbuhan iman siswa. (2) Faktor-faktor penghambat pertumbuhan iman siswa, yaitu pergaulan, teknologi, kurang perhatian orangtua, dan stigma orangtua. (3) Upaya Pastoral Konseling guru PAK yaitu: Pertama, pengembalaan dan konseling; kedua, membangun sinergitas dengan orangtua; ketiga, membangun koordinasi atau kerjasama antara kedua belah pihak. Dari hasil temuan tersebut maka direkomendasikan pertama bagi guru PAK untuk dapat membimbing dan menolong siswa yang bermasalah di sekolah, mencari tahu akar masalah, mendidik dengan hati sehingga membangun jiwa murid. Kedua, orangtua melakukan kerjasama dengan guru PAK untuk menghilangkan hal-hal yang menghalangi Pertumbuhan Iman siswa dan supaya Pertumbuhan Iman di Sekolah tidak terhambat. Ketiga bagi pihak Sekolah agar dapat memperhatikan dan tidak mengabaikan Pastoral Konseling bagi siswa karena ini hal yang penting bagi spiritual siswa.

 

Abstract

This study aims to determine the results of Pastoral Counseling for PAK teachers as an effort to overcome barriers to student faith growth at SMA Negeri 4 Manado. The method used in this research is qualitative and this research was conducted in SMA Negeri 4 Manado. Data were obtained through interviews and documentation studies. From the results of data analysis, there are indications that (1) Pastoral Counseling for PAK teachers is an effort to overcome barriers to student faith growth. (2) The inhibiting factors for the growth of students' faith, namely association, technology, lack of parental attention, and parental stigma. (3) Pastoral Efforts for Counseling PAK teachers, namely: First, pastoral care and counseling; second, building synergy with parents; third, build coordination or cooperation between the two parties. From these findings, it is recommended first for PAK teachers to be able to guide and help students who have problems at school, find out the root of the problem, educate with heart so as to build students' souls. Second, parents cooperate with PAK teachers to eliminate things that hinder students' Faith Growth and so that Faith Growth in Schools is not hampered. Third, for the school to pay attention and not ignore Pastoral Counseling for students because this is important for students' spirituality.


Keywords


Konseling Pastoral; Orangtua; PAK; Pertumbuhan Iman; Siswa.

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan Alex. (2020). “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 94–106. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/52.

Boiliu, Fredik Melkias, dan Solmeriana Sinaga. (2021). “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman Pemuda Gereja Huria Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 161-172. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.33643.

Brek, Yohan. (Desember 2020). Kepekaan Pastoral Konseling Bagi Pelayan Gereja Kontemporer." POIMEN Jurnal Pastoral Konseling, 1(2), 14–30. http://dx.doi.org/10.51667/pjpk.v1i2.338.

Engel, J. D. (2016). Pastoral Dan Kebutuhan Dasar Konseling. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Groome, Thomas. (2017). Christian Religious Education, Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Nuharama, D. (2007). Pembimbing PAK. Bandung: Jurnal Info Media.

Panjaitan, Salomo. (2021). Pendidikan Agama Kristen Sebagai Strategi Menumbuhkan Iman Anak Didik Melalui Peran Guru Yang Paripurna Dimasa Pandemi Covid 19. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 74–86. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i1.67.

Poyah, Nacy, dan Benty Simanjuntak. (2006). Bahan PA Mengenal Allah. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Rantung, Djoys Anneke. (2019). “Pendidikan Agama Kristen Untuk Keluarga Menurut Pola Asuh Keluarga Ishak Dalam Perjanjian Lama.” Jurnal Shanan, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.33541/shanan.v3i2.1579.

Sanjaya, Agus. (2018). Pastoral Konseling Kepada Remaja Kristen Indonesia Dalam Menghadapi Pergaulan Bebas. Missio Ecclesiae, 7(1), 141–63. https://doi.org/10.52157/me.v7i1.84.

Setiawan, Albi Anggito & Johan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Diedit oleh Lestari Deffi Ella. Jawa Barat: CV Jejak.

Sianipar, Florentina. (2019). Strategi Pelayanan Pastoral Konseling Sebagai Upaya Meningkatkan Antusiasme Jemaat Dalam Beribadah. Missio Ecclesiae, 8(2), 137–54. https://doi.org/10.52157/me.v8i2.101.

Sibarani, Yosua. (2022). Konseling Pastoral Bagi Remaja Korban Kekerasan Fisik Pada Masa Pandemi Covid-19. DUNAMOS : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 29–49. https://jurnal.stthappyfamily.ac.id/index.php/jtpkd/article/download/11/13.

Simatupang, Evi Nuriyani. (2020). Pengaruh Kompetensi Spiritual Guru Pendidikan. Areopagus: Jurnal Pendidikan dan Teologi Kristen, 18(2), 170–82. https://e-journal.iakntarutung.ac.id/index.php/areopagus/article/view/344.

Sufiyanta, A. Mintara. (2014). SJ, Hati Sang Guru. Yogyakarta: PT Kanisius.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jitpk.v3i1.651
viewed = 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Febriyanti Siramba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN: 2722-7553
eISSN: 2722-7561

 Copyright © 2023. All Rights Reserved.