Aplikasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Terhadap PAK Masa Kini

Esti Regina Boiliu

Abstract


Artikel ini berisikan aplikasi teori belajar sosial Albert Bandura terhadap Pendidikan Agama Kristen masa kini. Dengan menggunakan studi kepustakaan di mana data didapat dari membaca literatur berupa buku dan jurnal yang terkait dengan topik bahasan. Dari hasil analisis beberapa sumber, Belajar mencakup segala kegiatan perubahan pola baik dalam ranah kognitif, psikomotorik, maupun afektif. Ini berarti belajar merupakan Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) yang ditunjukan karena adanya perkembangan perilaku yang diakibatkan dari hasil pengalaman. Perubahan akibat proses belajar itu merupakan terjadi karena adanya dorongan intern dari individu (usaha dan minat) dan perubahan tersebut berlangsung lama. Selain itu, pengalaman belajar ini bukan hanya di dapat dalam ruangan tertentu saja, melainkan dalam kegiatan sehari-hari (sosial). Belajar merupakan kegiatan aktif yang dilakukan dengan sengaja namun memiliki tujuan yaitu untuk membekali peserta didik dalam menjalani kehidupannya. Artikel ini bertujuan untuk melihat bagaimana teori belajar Albert Bandura diaplikasikan pada bidang Pendidikan Agama Kristen masa kini. Kemudian, penulisan artikel ini juga menggunakan metode literature review, di mana sumber-sumber yang digunakan adalah sumber yang menulis tentang teori belajar Albert Bandura dan Pendidikan Agama Kristen. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dan pemahaman yang baik bahwasannya teori belajar sosial juga merupakan salah satu teori yang dapat digunakan dalam bidang Pendidikan Agama Kristen. Teori belajar sosial Albert Bandura menjelaskan perilaku manusia dalam konteks hubungan timbal balik antara kognitif, perilaku dan pengaruh lingkungan. Kondisi lingkungan sekitar individu sangat berpengaruh pada pola belajar sosial.


Keywords


Albert Bandura; Aplikasi; Pendidikan Agama Kristen; Teori Belajar Sosial; .

Full Text:

PDF

References


Cully, I. V. (2012). Dinamika Pendidikan Kristen. BPK Gunung Mulia.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Erlangga.

Fatwikiningsih, N. (2020). Teori Psikologi Kepribadian Manusia. ANDI (Anggota IKAPI).

Hartanto, R. S. W., & Dani, H. (2020). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(1), 1-6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/35881.

Kolibu, D. R. (2017). Tantangan Pelayanan Dalam Tugas Mengajar PAK: Kajian Teologis, Pedagogis Implementasi Pendidikan Agama Kristen Sebagai Integrasi Iman Dan Ilmu. Shanan Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 21–25. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1498.

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Mardianto. (2019). Pembangunan Sumber Daya Manusia Melalui Bidang Pendidikan Agama Kristen. Pasca: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 15, 28–32.

Masduki, Y., dan Warsah, I. (2020). Psikologi Agama. Tunas Gemilang Press.

Nurlita, A. A. (2016). Studi Literatur Pengaruh Hasil Pelaksanaan Praktek Kerja Industri dan Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Keputusan Rencana Karier Peserta. Seminar Nasional dan Pameran Produk Pendidikan Vokasi ke 1, 140-144. https://jurnal.uns.ac.id/uvd/article/download/7196/pdf.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Deepublish.

Rahayu, R. S. (2018). Studi Literatur: Peranan Bahasa Inggris Untuk Tujuan Bisnis Dan Pemasaran. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4), 149-158. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK/article/view/1553/1253.

Ryckman, R. M. (2013). Theories of Personality (10th ed.). Wadsworth Cengage Learning.

Sakerebau, J. (2018). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96–111. https://doi.org/10.34307/b.v1i1.22

Semiun, Y. (2020). Teori-Teori Kepribadian Behavioristik.

Suroso. (2004). Teori Belajar Obsesvasi Menuju Belajar Mempertajam Rasa. UGM, 17.

Sutiah. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing: Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Haura Publishing.

Tarsono. (2018). Aplikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) Dari Albert Bandura Dalam Bimbingan Dan Konseling. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.2174

Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 219–231. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9

Yanto, M., & Syaripah. (2017). Penerapan Teori Sosial Dalam Menumbuhkan Akhlak Anak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 65–85. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2218.

Yuniati, J. A. & E. (2020). PAK dan COVID-19 : Problematika Pembelajaran PAK Daerah Tertinggal. Adnu Abimata.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jitpk.v3i2.649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Esti Regina Boiliu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN: 2722-7553
eISSN: 2722-7561