Metode Permainan Dalam Meningkatkan Pemahaman Firman Tuhan Pada Remaja GKII Okahapi Sumba Timur

Serli Serli, Hengki Wijaya

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode permainan dalam meningkatkan pemahanan firman Tuhan pada remaja GKII Okahapi Sumba Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif yaitu kajian perpustakaan, observasi langsung di lapangan, metode wawancara, peneliti mengadakan wawancara pada objek langsung dalam hal ini adalah remaja GKII Okahapi Sumba Timur untuk memperoleh jawaban yang diperlukan, angket atau kuesioner, dengan cara membagikan angket atau kuesioner. Dari pembahasan yang ada, maka penulis menarik kesimpulan bahwa hasil analisis menunjukkan bahwa X2 memengaruhi indikator Y2 yang paling besar diantara indikator yang lain, yaitu sebesar 95%. Hal ini menunjukkan bahwa metode bermain peran memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan pemahaman firman Tuhan dalam membangun persekutuan yang benar di dalam Tuhan. Penerapan bermain peran membantu anak remaja untuk dapat mengerti cara untuk membangun persekutuan yang benar di dalam Tuhan. Anak remaja dengan pemahaman yang dimiliki dapat merangkumkan makna yang diperoleh dari bermain peran.

Kata-kata Kunci: Metode, Permainan, Ibadah, Pemahaman, Firman Tuhan.

 

The purpose of writing this article is to find out how the influence of the game method in increasing the comprehension of God's word on GKII East Okaapi Sumba youth. The research method used in writing this article is to use quantitative methods. Quantitative research methods, namely library studies, direct observation in the field, interview methods, researchers conducted interviews on direct objects, in this case, the teenager GKII Okahapi East Sumba to obtain the required answers, questionnaire, or questionnaire, by distributing surveys or questionnaires. From the discussion, the authors conclude that the analysis shows that X2 influences the most significant Y2 indicator among the other, which is 95%. It shows that the role-playing method has a significant influence on increasing the understanding of God's word in establishing a true fellowship in God. The application of role-playing helps teenagers to understand ways to build true friendship in God. Teenagers with understanding can summarize the meaning obtained from role-playing.

 

 


Full Text:

PDF

References


Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Prenada Media.

Agung, I., & Astika, M. (2011). Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Sinoptik Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Di SMA Gamaliel Makassar. Jurnal Jaffray, 9(2), 147–171. https://doi.org/10.25278/jj71.v9i2.99

Baharsyah, M. I. (2017). Peningkatan pemahaman karakter tokoh pewayangan punakawan bahasa jawa dengan menggunaka media wayang dua dimensi pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Kraton Krian Sidoarjo [Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/19292/

Bayoe, Y. V., Kouwagam, M. L., & Tanyit, P. (2019). Metode Pembelajaran Melalui Film Superbook dan Minat Belajar Firman Tuhan Pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Jaffray, 17(1), 141–156. https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.327

D. Gunarsa, S., & Singgih D. Gunarsa, Y. (2011). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK DAN REMAJA. BPK Gunung Mulia.

Darmadi. (2018). Asyiknya Belajar Sambil Bermain. Guepedia.

Edison, T. (2017). 52 Metode Mengajar: Mengangkat Harkat dan Martabat Pendidik Menjadi Berwibawa dan Terhormat. Kalam Hidup.

Gibasa, T., Zaman, S., & R. Helmi, D. (2010). Games Kreatif Pilihan untuk Meningkatan Potensi Diri dan Kelompok. GagasMedia.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). TAKSONOMI BLOOM – REVISI RANAH KOGNITIF: KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN, DAN PENILAIAN. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(02). https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50

Hapsari, D., & Wicaksono, V. D. (2012). PENGARUH METODE PERMAINAN BINGO TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN MATERI PPKN KELAS IV SDN SUMOKEMBANGSRI SIDOARJO. JPGSD, 01(01), 1–11. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/download/23980/21920

Helaluddin, H., & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar.

Iskandar, S., & Syahir, M. (2018). Filsafat Pendidikan Vokasi. Deepublish.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru & Pengelola PAUD Profesional. Elex Media Komputindo.

Migu, S. L. (2019, June 16). Alasan Sangat Setuju [Personal communication].

Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Prenada Media Group.

Nikmah, S., Kartono, & Halidjah, S. (2013). PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 11 SUNGAI MELAYU RAYAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(3). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1207

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 135–142.

Risdiana, Y. (2016). PENAFSIRAN KONTRAK KOMERSIAL ANTARA TEKS DAN KONTEKS. Inboeku Media Ilmu.

Ronda, D. (2011). Leadership Wisdom. Kalam Hidup.

Ronda, D. (2013). Dasar Teologi yang Teguh: Panduan Teologi Sistematika Di Perguruan Tinggi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supardi, Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Elex Media Komputindo.

Tim Budi Pekerti. (n.d.). Terbang Dgn Dua Sayap. Grasindo.

Wijaya, H. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jitpk.v1i1.459
Abstract viewed = 0 times | PDF downloaded = 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN: 2722-7553
eISSN: 2722-7561

Copyright © Sekolah Tinggi Theologia Jaffray 2020.