Strategi Pertumbuhan Gereja Melalui Pendidikan Anak Usia Dini

Elisabet Selfina

Abstract


Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan penulisan karya ilmiah ini
adalah: Pertama, mengintegrasikan kurikulum PAUD khususnya dalam pendidikan
TK Kristen sebagai jenjang pendidikan formal yang tertuang dalam Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM) dengan iman Kristen. Kedua, menggunakan kurikulum PAUD
dalam jenjang pendidikan formal yaitu TK Swasta Zion di mana GKKA-UP sebagai
penyelenggara bagi strategi pertumbuhan gereja lokal dapat mendukung pertumbuhan
gereja khususnya gereja pemilik institusi PAUD, dalam hal ini institusi dalam jenjang
pendidikan formal yaitu TK Kristen Zion yang dimiliki oleh GKKA-UP.
Adapun metode yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah:
Pertama, penulis melakukan kajian pustaka yaitu dengan mengumpulkan data
tentang pendidikan anak usia dini dan korelasinya bagi perkembangan iman serta
kerohanian anak, juga bagaimana PAUD menjadi strategi pertumbuhan gereja.
Kedua, melalui wawancara ke obyek kajian. Ketiga, melalui angket terbuka (open
ended questions) yang disebarkan kepada alumni TK Swasta Zion dan guru-guru TK
tersebut, serta kepada orang tua murid TK Kristen Zion.
Adapun kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan karya ilmiah ini
adalah: Pertama, gereja dapat bertumbuh melalui dua cara, yaitu penginjilan dan
pemuridan. Penginjilan adalah pemberitaan kabar baik kepada orang yang belum
percaya kepada Tuhan Yesus agar mereka menjadi percaya dan kemudian menjadi
anggota tubuh Kristus, yaitu gerejaNya. Pemuridan adalah pengajaran bagi orangorang
percaya agar mereka bertumbuh dan berfungsi dengan baik sebagai anggota
tubuh Kristus. Kedua, ada berbagai metode pertumbuhan gereja melalui penginjilan.
Salah satunya adalah melalui sarana pendidikan formal, yaitu sekolah yang
diselenggarakan oleh gereja. Ketiga, PAUD pada jenjang pendidikan formal yaitu TK,
dalam hal ini TK Kristen yang diselenggarakan oleh gereja lokal dapat dijadikan
sebagai salah satu strategi bagi pertumbuhan gereja. Keempat, anak usia dini yang
mengikuti pendidikan TK, yaitu usia 4-6 tahun adalah ladang misi yang luar biasa.
Karakteristik murid TK sangat terbuka terhadap pengajaran tentang kasih
Yesus/Allah.

Keywords


Strategi, pertumbuhan gereja, pendidikan, anak usia dini

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asmani, Jamal Ma’mur. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini.

Yogjakarta: DIVA Press, 2009.

Ayuningsih, Dyah. Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta:Pustaka

Larasati, n.d.

Budiardjo,Tri. Anak-anak: Generasi Terpinggirkan? Yogyakarta: ANDI, 2010.

Dever, Mark. Sembilan Tanda Gereja yang Sehat. Surabaya: Momentum, 2010.

Elisabeth. Pembelajaran PAK Pada Anak Usia Dini. Bandung: Bina

Media Informasi,

Jenson, Ron dan Jim Stevens, Dinamika Pertumbuhan Gereja. Malang:

Gandum Mas,

Lim-Tan, Rosalind. “Together for Children Together for Children

Training for Trainers” Module. Diktat Kuliah. Penang:MBTS

Holistic Child Development Institute, 2011.

Maryatun, Ika Budi dan Nur Hayati, “Pendidikan Profesi Guru Program

Pengembangan Pendidikan Anak” dari buku Pengembangan Program

PAUD . Yogyakarta:Kementerian Pendidikan Nasional Universitas

Negeri Yogyakarta Program Studi Pendidikan Guru PAUD, 2010.

Mutiah, Diana. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana, 2010.

Noorlaila, Iva. Panduan Lengkap Mengajar PAUD.Yogyakarta:PINUS BOOK

PUBLISHER, 2010.

Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK. Jawa Barat:Jurnal Info Media, 2007.

Richards, Lawrence. Pelayanan kepada Anak-anak. Bandung: Kalam Hidup,

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai

Aspeknya. Jakarta: Kencana, 2011.

Tanya, Eli. Gereja dan Pendidikan Kristen. Cianjur:STT Cipanas, 1999.

Wiersma, William & Stephen G. Jurgs, Research Methods in Education, Eight

ed. USA:Pearson, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v11i1.65
viewed = 0 times




Copyright (c) 2015 Jurnal Jaffray

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN 1829-9474
eISSN 2407-4047

Copyright © Jurnal Jaffray 2014-2023