Kajian Kecerdasan Emosional Terhadap Manajemen Konflik Tingkat Pimpinan Di GPT Baithani Denpasar

Hengki Irawan S. Budi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana kecerdasan emosional dipercaya mampu menjadi salah satu alat dalam manajemen konflik dan yang kedua adalah memberikan pemaparan tentang pentingnya manajemen konflik dalam penanganan konflik yang terjadi di Gereja Pentakosta Tabernakel Baithani Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penulisan yang secara langsung pada sumber data, data yang terkumpul lewat wawancara dan diuraikan secara kalimat dan bukan secara angka, sehingga hasil dari penelitian tersebut akan menghasilkan teori. Implikasi praktis yang dihasilkan adalah setiap pemimpin ketika menjalankan roda kepemimpinan mampu mengelola konflik dengan bijak yang didasarkan dengan manajemen konflik. Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin dengan kemampuan mengelola konflik yang terjadi di tubuh organisasi yang dipimpinnya. Pemimpin yang tidak mengumbar emosi negatif yang mengarah kepada tindakan destruktif. Pemimpin harus memberikan output konstruktif (bersifat membangun).

The purpose of this study is to explain how emotional intelligence is believed to be able to be one of the tools in conflict management, and the second is to explain the importance of conflict management in handling conflicts that occur in the Pentecostal Church Baithani Denpasar. This research uses the descriptive qualitative method that is writing directly on the data source, data collected through interviews, and described in sentences and not numbers so that the results of the research will produce a theory. The practical implications presented are that every leader, when running the leadership wheel, can manage conflicts wisely based on conflict management. Successful leaders are leaders with the ability to manage conflicts that occur in the body of the organization they lead. Leaders do not lead to destructive actions. The leader must provide constructive output. The leader must give useful output.


Keywords


pemimpin; konflik; manajemen; emosional; kecerdasan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adams, Bob. Memahami Segalanya Tentang Kepemimpinan. Batam: Karisma Publishing, 2006.

Alwisol. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press, 2014.

Bogdan, R. C., S. K. Biklen. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Mehtods. Boston: Allyn and Bacon, Inc., 1982.

Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2013.

Dubrin, Andrew J. The Complete Ideal’s Guides Leadership. Jakarta: Prenada Media, 2009.

Feucht, Sean. Integritas. Jakarta: Light Publishing, 2016.

Haverstadt, Hugh F. Mengelola Konflik Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001.

Jandt, Fred. Conflict Resolution Through Communication. New York: Herper&Row, 1973.

Muspawi, Mohamad. “Manajemen Konflik (Upaya Penyelesaian Konflik Dalam Organisasi).” Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora 16, no. 2 (2014): 41–46.

Nader and Todd. The Disputing Law in Ten Societies. New York: Columbia University Press, 1978.

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. Perilaku Organisasi: Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat, 2007.

Sanders, J. Oswald. Kepemimpinan Rohani. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2006.

Suharsaputra, Uhar. Metode Penulisan: Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Wartini, Sri. “Strategi Manajemen Konflik Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Teamwork Tenaga Kependidikan.” Jurnal Manajemen dan Organisasi 6, no. 1 (2015):64-73.

Weisinger, Hendrie. Emotional Intelligence: Pemandu Pikiran dan Perilaku Anda untuk Meraih Kesuksesan. Jakarta: Buana Ilmu Populer, 1998.

Wijaya, Hengki. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2018.

Wiryawan. Konflik dan Manajemen Konflik: Teori, Aplikasi dan Penulisan. Jakarta: Salemba Humanika, 2013.

Yeakly, Tom. Character Formation for Leaders: 10 Kualitas Karakter yang Harus Dimiliki Pemimpin Kerajaan Allah. Bandung: Kalam Hidup, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj.v17i2.358
viewed = 0 times




Copyright (c) 2019 Jurnal Jaffray

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN 1829-9474
eISSN 2407-4047

Copyright © Jurnal Jaffray 2014-2023