Peran Pembina Remaja Bagi Perkembangan Perilaku Remaja Di Gereja Kemah Injil Indonesia Tanjung Selor Kalimantan Utara

Jonathan Matheus, Elisabet Selfina

Abstract


Tujuan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah untuk menemukan sejauh mana peranan seorang pembina remaja bagi perkembangan perilaku remaja.

Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis ialah mengadakan kajian pustaka dengan mengumpulkan data melalui buku-buku dan internet, mengadakan observasi langsung di lapangan dan wawancara kepada objek kajian yaitu para pembina remaja beserta orangtua dan gembala serta pekerja setempat.

Adapun kesimpulan karya ilmiah ini adalah peranan seorang pembina remaja dalam perkembangan perilaku remaja yaitu sebagai konselor, sebagai pemimpin yang memiliki visi, sebagai pemimpin rohani, sebagai sahabat, dan sebagai pendoa syafaat. Dengan demikian pembina remaja dapat menghasilkan: Pertama, remaja yang memiliki kualitas pengetahuan firman Tuhan yang baik dan benar sehingga remaja dapat menjalani kehidupan masa remajanya tanpa adanya perubahan perilaku yang menuju pada arah yang negatif. Kedua, dapat dijadikan sebagai acuan yang baik bagi pembina remaja selanjutnya dan dapat mendorong orang tua melakukan hal yang sama pada remaja saat berada dirumah. Ketiga, dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak remaja saat mengalami perilaku yang berbeda dan mereka tahu pada siapa dapat mencurahkan masalah yang sedang dihadapinya.

Kata Kunci: Peran, Pembina Remaja, Perilaku Remaja

The aim of this article is to explore the extent to which the role of a teen mentor impacts the development of youth behavior.  This work uses qualitative methods.  The author uses a data collection technique, conducting a literature review through gatheringdata from books and the internet, direct field observations, and interviews with research subjects that are all teen mentors, including parents, pastors and local workers. The conclusion of this article is that the role of a youth mentor in the flourishing of adolescent behavior is as a counselor, visionary leader, spiritual leader, friend, and intercessor.  Thus a teen mentor can yield several outcomes: First, teens who possess a good and correct knowledge of the God’s Word, so that they are able to live their teen years without a change in behavior that inclines toward the negative.  Second, a good example for future youth mentors and encouragement for parents to do the same while the teens are in the home.  Third, foster a teen’s self-confidence when they experience different behaviors, as the teen knows they have someone with whom they can share the problems which they are facing.

Keywords:  role, teen mentor, teen behavior


Keywords


Peran, Pembina Remaja, Perilaku Remaja

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Benson, Warren S. dan Mark H. Senter II. Pedoman Untuk Pelayanan Kaum Muda. Bandung: Kalam Hidup, 1993.

B. Hurlock, E. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga, 1991.

Chapman, Gary. The Five Love Languages of Teenagers. Batam: Interaksara, 2003.

Collins, Gary R. Konseling Kristen Yang Efektif. Malang: Seminari Alkitab Asia Tenggara, 1990.

Dodson, Fitzhugh. Mendisiplinkan Anak dengan Kasih Sayang. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988.

Drescher, John M. Tujuh Kebutuhan Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Dyck, Anni. Tantangan Dan Kebutuhan Remaja, Seri Pendidikan Kristen 3. Malang: Dept. PAP/YPPII, 2001.

Grinnel, Ann. Pedoman Kepemimpinan Kaum Muda Dream Big Start Small. Jakarta: Departemen Pemuda GKII dan Departemen Pemuda C&MA, 2011.

Hendricks, Howard G. Mengajar Untuk Mengubah hidup. Jakarta: Gloria Graffa, 2009.

Keeley, Robert J. Menjadikan Anak-anak Kita Bertumbuh Dalam Iman. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2013.

Linda dan Richard Eyre, Mengajarkan Nilai-Nilai kepada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Morgan, Les. Mencabut 7 Ilalang Perusak Masa Remaja. Bandung: Kalam Hidup, 2004.

Natsir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Nee, Watchman. 12 Bakul. Surabaya: Yayasan Perpustakaan Injil, 1993.

Palar, Ivone Bonyadone. Materi Kuliah PK Remaja-Pemuda. STT Jaffray: Makassar, 2010.

Palar, Ivone Bonyadone. Materi Kuliah: Teori dan Proses Perkembangan Anak. Makassar, 2014.

Rice, David. Mengendalikan Tingkah Laku Anak. Bandung: Kalam Hidup, 1987.

Ronda, Daniel. Leadership Wisdom. Bandung: Kalam Hidup, 2011.

Rumahlatu, Jerry. Psikologi Kepemimpinan. Penerbit: Cipta Varia Sarana, 2011.

Sahardjo, Hadi P. Konseling Krisis dan Terapi Singkat. Bandung: Pionir Jaya, 2008.

Sanders, Bill. Dari Remaja untuk Orang Tua. Bandung: Kalam Hidup, 1995.

Stanley, Andy. Visioneering. Yogyakarta: Penerbi ANDI, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v13i1.3
viewed = 0 times




Copyright (c) 2015 Jurnal Jaffray

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN 1829-9474
eISSN 2407-4047

Copyright © Jurnal Jaffray 2014-2023