Pemimpin dan Media: Misi Pemimpin Membawa Injil Melalui Dunia Digital

Daniel Ronda

Abstract


Pemimpin di dunia digital berbicara tentang kesiapan memasuki media yang baru dengan pesan yang sama yaitu membawa nilai-nilai kekekalan firman Tuhan kepada manusia. Dunia tidak bisa lagi dipisahkan antara dunia nyata dan dunia digital. Itu sebabnya seharusnya pemimpin tidak lagi menyebut dunia digital sebagai dunia maya karena itu berarti sesuatu yang tidak nyata lagi. Revolusi komunikasi seperti ini mewajibkan pemimpin untuk mengambil tindakan drastis dalam melaksanakan pelayanan gereja dan mulai memberikan perhatian dan tenaga yang serius di dunia digital.  Pelayanan di dunia digital sama nyatanya dengan pelayanan di dunia sehari-hari maka gunakan semua bentuk media untuk menyebarkan nilai-nilai kekekalan.


Keywords


komunikasi, media, pemimpin, pelayanan, penginjilan, kekekalan, Tuhan, Kristen, medsos, internet

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Berger, Charles R. Ed. Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Nusamedia, 2014.

Billington, Maryann G. dan Peter J. Billington. “Social Media Tools for Leaders and Managers.” Journal of Leadership, Accountability and Ethics 9, no. 6 (2012):11-19.

Chiang, S. “Post Gutenberg! Oral Preference Learners Welcome the Digitoral Era.” Diakses 7 September 2016. http://www.missionfrontiers.org/issue/article/post-gutenberg

Edmondson, R. “7 Reasons You Need Social Media as a Christian Leader.” Diakses 1 Juli 2016. https://www.idisciple.org/post/7-reasons-you-need-social-media-as-a-christian-leader.

Jayanti, Santi D. “Twitter Sebagai Bentuk Citizen Journalism Baru di Internet (Analisis Isi Kualitatif Pemberitaan Bencana Lahar Dingin dan Penampakan Halo Matahari di Akun Jogja Update di Situs Microblogging Twitter sebagai Media Citizen Journalism bagi Masyarakat Yogyakarta Periode 1 Januari 2011-5 Januari 2011).” Skripsi, S.Sos, UAJ Yogyakarta, 2011.

Jordan, R. “JK di Depan Perwira Polri: Pemberontakan Saat ini Dipimpin Facebook dan WA.” Diakses 29 Agustus 2016. http://www.news.detik.com/berita/3286112/jk-di-depan-perwira-polri-pemberontakan-saat-ini-dipimpin-Facebook-dan-wa

Mohler, A. “The Christian Leader in the Digital Age.” Diakses 1 Juli 2016. http:// www.albertmohler.com/2014/02/19/the-christian-leader-in-the-digital-age-2/

Ningrum, Ambar K. “YouTube Stickiness (Pengaruh Continuance Motivation dan Perilaku Berbagi terhadap YouTube Stickiness pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi S1 Reguler FISIP UNS Angkatan 2012-2014).” Skripsi, S.Sos, Universitas Sebelas Maret, 2016.

“Profil Pengguna Internet di Indonesia 2015” bersumber dari Puskakom UI dan APJII sebagaimana dikutip dalam Berita Oikumene. Juli-Agustus 2016.

Stetzer, Ed. “3 Ways Social Media Benefits Church Leaders.” Diakses 1 Juli 2016. http://www.christianitytoday.com/edstetzer/2015/february/3-ways-social-media-benefits-church-leaders.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v14i2.210
Abstract viewed = 0 times | PDF (Indonesian) downloaded = 0 times




Creative Commons License

pISSN 1829-9474
eISSN 2407-4047

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Unported License.

Copyright © Sekolah Tinggi Theologia Jaffray 2014.