Dampak Partisipasi Orangtua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMU Kristen Diakui Makassar
Abstract
kelurahan yang tidak punya sekolah. Di kota-kota besar berdiri berbagaijenis pendidikan baik yang dikelolah oleh Negara maupun swasta bahkan ada pendidikan yang dikeloah oleh Asing atau yang bertaraf Intemasional. Saranadanprasaranadisiapkanunrukmemberikankenyamana
dan kemudahan bagi peserta didik dalam menyerap pelajaran. Namun keberhasilan siswa dalam meraih prestasi masih sangat jauh dari harapan seperti tergambar pada hasil Ujian
Nasional. Karna itu sangatlah diharapkan peran serta setiap orang tua dalam mendampingi
serta memberikan motivasi kepada anak-anaknya sehinga prestasi yang diharapkan dapar
tercapai.
Oleh sebab itulah melalui tulisan ini akan dipaparkan tentang partisipasi orang rua dalam
mencapaiprestasi anak
Kata Kunci: Partisipasi, Orangrua, motivasi dan prestasi
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ardana, Wayan. 1986. Dasar-Dasar Kependidikan, Pengaruh Pendidikan Luar Sekolah
Terhadap Pendidikan di Sekolah, Modul4. Malang: IKIP Fakultas Ilmu Pendidikan.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rinekacipta.
Bukka, Muhammad. 2000. Pengaruh Tes Formatif dan Minar BelajarTerhadap Hasil
Belajar Matematika. Disertai UNJ tidak diterbitkan.
Darajat, Zakiah. i995. Pendidikan islam Dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung:
Ruhama.
Depdikbud. 1996. KamusBesarbahasalndonesia. EdisiKedua. Jakarta:BalaiPustaka.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Firdaus, dkk. 1999. Pengaruh Partisipasi dan Pola Asuh Orang rua Dalam Pendidikan
Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama dan PendidikanJasmani dan Kesehatan Murid
SD di Kota Makassar. Laporan Hasil Penelitian Universitas Negeri Makassar.
Ghozali, Abbas. 2000. Pengaruh Latar Belakang Keluarga dan Faktor Sekolah
Terhadap Keberhasilan Lulusan SLTA. Jumal Pendidikan dan Kebudayaan nomor 024 tahun
ke 6.
Goode, WilliamJ. Sosiologi Keluarga. Diterjemahkan oleh Lailahanoum Hasyim.
Jakarta: Bumi Aksara.
Koesrvara E. 1989. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Bandung: Angkasa.
Pidarta, Made. 1997. Peranan Ibu Dalam Pendidikan Anak..furnal ilmu Pendidikan
Nopember 1997. Jfid4 nomor 4
Sahabuddin . 1997 . Faktor-Faktor yang menunjang Efektivitas hoses Belajar Mengajar.
Naskah disampaikan pada Seminar Akademik IV PGSD D-ll FIP IKIP Ujung Pandang.
Sahabuddin. 1999. MengajardanMengajar. Makassar: BadanPenerbitUniversitas
Negeri Makassar.
Sardiman. 2000. Interaksi 6s Motivasi Belajar Mengajarl. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Shocib, Muhammad. 1998. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: funeka Cipra.
Si;rgian, Sondang, P. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya.Jakarta: funeka Cipta.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang lvlempengaruhinya. Jak:rrra:
nekaCipta
Sudjana, Nana.l995. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosd;rkarya.
Suryosubroto,B.1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v6i2.106