Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Sinoptik Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Di SMA Gamaliel Makassar

Imanuel Agung, Made Astika

Abstract


Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini ialah untuk memberikan suatu
penjelasan mengenai metode mengajar yang Yesus gunakan dalam pengajaran-Nya yang
tertuang dalam Injil Sinoptik. Selain itu penulisan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh
mana penerapan metode mengajar Yesus dalam pelaksanaan PAK di SMA Gamaliel
Makassar.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penulisan ini adalah
sebagai berikut: Pertama, metode kepustakaan atau literatur, yaitu penggalian data
melalui penyelidikan terhadap buku-buku yang ada, baik di perpustakaan Sekolah Tinggi
Theologia Jaffray Makassar, maupun kumpulan buku pribadi penulis yang berhubungan
dengan pokok masalah yang dibahas. Kedua, penulis juga melakukan penelitian lapangan
untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penulisan ini. Teknik yang
digunakan penulis ialah penyebaran angket kepada siswa-siswi di SMA Gamaliel
Makassar dan wawancara terhadap guru PAK yang ada di sekolah tersebut. Angket
tersebut disebarkan untuk membuktikan penerapan metode mengajar Yesus dalam proses
belajar mengajar di SMA Gamaliel Makassar sebagaimana yang diungkapkan guru
melalui wawancara dengan penulis.
Dalam pelayanan-Nya sebagai pengajar, Yesus menggunakan beberapa metode.
Metode, metode yang Yesus gunakan antara lain, metode pertanyaan, metode cerita
(perumpamaan/ilustrasi), metode ceramah (khotbah), menggunakan benda atau objek
sebagai alat peraga dan juga menggunakan metode diskusi. Dapat dikatakan bahwa
Yesus adalah guru yang kreatif, karena dalam setiap pengajaran-Nya Yesus
menggunakan metode-metode yang bervariasi, bergantung kepada tujuan, bahan, situasi
pendengar, serta lingkungan-Nya.

Keywords


Metode Mengajar, Injil Sinoptik, Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen, Christian education

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


“Profil Sekolah Gamaliel.”Gamalielschool.org; diakses tanggal 15 April 201;

tersedia di

http://gamalielschool.org/index.php?option=com_content&view=artic

le&id=7:profile-sekolah-gamaliel&catid=1:profile-sekolah&Itemid=9.

Daniel Nuhamara, Pembimbing PAK (Bandung: Jurnal Info Media, 2007), 137.

Homrighausen dan I.H. Enklaar, Pendidikan Agama Kristen (Jakarta: BPK

Gunung Mulia, 2004), 74.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial

(Jakarta: Bumi Aksara, 1996), 59.

Indarto, Wawancara Oleh Penulis, Makassar, 19 Juli 2011.

Matheus Limbongan, Wawancara Oleh Penulis, Makassar, 18 Juli 2011.

Moh. Nazir, Metode Penelitian (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988), 325.

Mohamad Ali, Penelitian Kependidikan (Bandung: Angkasa, 1981), 184.

Paul Djadi, Wawancara Oleh Penulis, Makassar, 18 Juli 2011.

Paul Enns, The Moody Handbook of Theology Jilid 1 (Malang: Literatur SAAT,

, 91.

Paulus Lilik Kristianto, Prinsip dan Praktek Pendidikan Agama Kristen

(Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2006), 83.

Sumanto, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Yogyakarta: Penerbit

Andi Offset, 1990), 23.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research Jilid 2 (Yogyakarta: Penerbit Andi Offset,

, 158.

Winarno Surachmad, Dasar dan Tehnik Research Pengantar Metodologi Ilmiah

(Bandung: Tarsito, 1978), 134.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v9i2.99
viewed = 0 times




Copyright (c) 2015 Jurnal Jaffray

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN 1829-9474
eISSN 2407-4047

Copyright © Jurnal Jaffray 2014-2023