Formasi Rohani Seorang Pelayan Anak Dalam Menunjang Efektivitas Pelayanan
Abstract
penulisan karya ilmiah ini adalah: Pertama, Para pelayan anak mengerti tentang
tantangan dan peperangan yang dihadapinya dalam pelayanan anak. Kedua, Para
pelayan anak memiliki formasi kehidupan rohani yang benar agar siap menghadapi
tantangan dan peperangan dalam pelayanan anak sehingga pelayanannya menjadi
efektif. Ketiga, Sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Teologi di
Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar.
Adapun metode penulisan yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini untuk
mendapatkan data yang diperlukan adalah: Pertama, Metode pengambilan dan
pengumpulan data melalui buku-buku yang berkaitan dengan judul yang dibahas dalam
karya ilmiah ini. Kedua, Dengan mengadakan wawancara dan kuisioner dengan
beberappelayan anak dari jenis pelayanan anak yang berbeda.
Setelah melihat semua hasil pembahasan dari setiap bab sebelumnya, maka penulis
menarik beberapa kesimpulan. Formasi rohani seorang pelayan anak mencakup
hubungan yang benar dengan Tuhan, hubungan yang benar dengan sesama dan
pengalaman perubahan dalam mengatasi dosa dan bertumbuh dalam kekudusan.
Hubungan yang benar dengan Tuhan didasarkan pada pertobatan yang sejati dan
pengalaman perjumpaan secara pribadi dengan Tuhan, yang selanjutnya akan membawa
pertumbuhan yang benar, melalui waktu teduh, kehidupan doa dan puasa, serta
persekutuan dan ibadah. Hubungan yang benar dengan Allah akan menghasilkan
hubungan yang benar pula dengan sesama. Hubungan yang benar dengan Allah juga akan
membuat seorang pelayan anak bersandar penuh pada kuasa Roh Kudus sehingga
mengalami perubahan dan bertumbuh dalam kekudusan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
I. L. Pasaribu dan B. Simanjuntak, Proses Belajar – Mengajar, (Bandung:
Tarsito, 1983)
Inri, Wawancara oleh Penulis, Yogyakarta, Juli 2010.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Komaruddin, Kamus Riset, “Population (2), Populasi” (Bandung: Angkasa,
Komaruddin, Kamus Riset, “Sample, contoh, sampel” (Bandung:
Angkasa,1984)
Lelia Lewis, Mengajar Untuk Mengubah Kehidupan (Bandung: Yayasan Kalam
Hidup, 1995)
Masri Singarimbun & Sofian Effendi, Metode Penelitian Survai, (Jakarta:
LP3ES, 1985).
Mery Go Setiawani, Pembaharuan Mengajar, (Bandung: Yayasan Kalam
Hidup, 2005).
Mohamad Ali, Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi, (Bandung: Angkasa,
.
Panduan Pembina Domby Kid’s Hope 2, (Yogyakarta: Versi 1.0/2008).
Prof Dr. J. S. Badudu; Prof Sultan Mohammad Zain, Kamus Umum Bahasa
Indonesia, (Pustaka Sinar Harapan: Jakarta, 1994).
Ruth Laufer, Metode-Metode Kreatif Untuk Pelayanan Remaja, (Malang: Yayasan
Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia, 1986).
Sutrisno Hadi, Metodologi Research 2, (Yogyakarta: Andi offset, 1990).
Tri Budiardjo, Sorotan Alkitab Tentang Anak, (Jakarta: Yayasan Obor Mitra,
.
Tri Nuryani, Wawancara oleh Penulis, Yogyakarta, 13 Mei 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v9i2.94
viewed = 0 times