Pengaruh Kompetensi Diri Terhadap Kinerja Pekerja GKII Daerah Kota Samarinda

Lenggan Lenggan

Abstract


Dari hasil penelitian terdapat pengaruh yang positif dan sangat signifikan antara Kompetensi Diridengan Kinerja Pekerja. Hal ini berarti semakin baik kompetensi diri para pekerja GKII Daerah Kota Samarindamaka semakin baik pula kinerjanya. Berdasarkan hasil analisis korelasi antara Dimensi Kompetensi Diri dengan kinerja dan analisis Classification and Regression Trees bahwa Dimensi Kompetensi kepribadian yang paling berpengaruh secara dominan terhadap peningkatan kinerja pekerja. Dengan meningkatkan kompetensi kepribadian menjadi lebih baik dan mampu memberikan keteladanan seperti Kristus dalam pelaksanaan tugas pelayanan maka kinerja pekerja akan semakin meningkat dan menjadi semakin baik.

From the results of the study, there is a positive and very significant effect between Self Competence and Worker Performance. It means that the better the competency of the GKII Regional Samarinda City employees, the better the performance. Based on the results of the correlation analysis between the Self Competency Dimensions with performance and Classification and Regression Trees analysis that the Personality Competency Dimensions are the most influential dominantly on increasing employee performance. By increasing personality competencies for the better and being able to exemplify as Christ in the implementation of service duties, the performance of workers will increasingly improve and become better.


Keywords


Kompetensi; Pelayanan; Organisasi; Kinerja; Gereja

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ardiana, I. D. K. R., I. A. Brahmayanti, and Subaedi Subaedi. “Kompetensi SDM UKM Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM Di Surabaya.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 12, no. 1 (2010): 42–55.

Battistelli, Adalgisa, Maura Galletta, Christian Vandenberghe, and Carlo Odoardi. “Perceived Organisational Support, Organisational Commitment and Self-Competence among Nurses: A Study in Two Italian Hospitals.” Journal of Nursing Management 24, no. 1 (January 2016): 1–9. https://doi.org/10.1111/jonm.12287.

Berdicchia, Domenico, Francesco Nicolli, and Giovanni Masino. “Job Enlargement, Job Crafting and the Moderating Role of Self-Competence.” Journal of Managerial Psychology 31, no. 2 (March 14, 2016). https://doi.org/10.1108/JMP-01-2014-0019.

Budhiningtias Winanti, Marliana. “Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan (Survei Pada PT. Frisian Flag Indonesia Wilayah Jawa Barat).” Majalah Ilmiah UNIKOM 7, no. 2 (May 12, 2011): 249–67.

Data Statistik Gereja Kemah Injil Indonesia Daerah Kota Samarinda tahun 2016.

Ellis, D. W. Metode Penginjilan. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1993.

Fudyartanta, Ki. Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Ghazali, M., Nurseha Ghazali. Deteksi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Lewis, Roger J. “An Introduction to Classification and Regression Tree (CART) Analysis.” presented at the the 2000 Annual Meeting of the Society for Academic Emergency Medicine, n San Francisco, California., 2000. https://pdfs.semanticscholar.org/6d4a/347b99d056b7b1f28218728f1b73e64cbbac.pdf.

Luthans, Fred. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: ANDI Offset, 2006.

Maxwell, John C. Mengembangkan Kepemimpinan di dalam Diri Anda. Jakarta: Binarupa Aksara, 1995.

Morgan, Jake. “Classification and Regression Tree Analysis.” Boston: Boston University, 2014. https://www.bu.edu/sph/files/2014/05/MorganCART.pdf.

Posuma, Christilia O. “Kompetensi, Kompensasi, Dan Kepemimpinan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Ratumbuysang Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1, no. 4 (October 20, 2013): 646–56.

Robbins, Stephen P. dan Timoty A Judge. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat, 2015.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.

Shaputra, Angga Rahyu, and Susi Hendriani. “Pengaruh Kompetensi, Komitmen Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Pekanbaru.” Jurnal Tepak Manajemen Bisnis 7, no. 1 (May 25, 2015): 1–17.

Simangunsong, Togap, Sri Indarti, and Zulfadil Zulfadil. “Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pimpinan (Studi Kasus Pada PT. Drilinco Di PT. Chevron Pacific Indonesia Sumatera).” Jurnal Ekonomi 22, no. 4 (August 1, 2018): 110–26.

Wibowo. Budaya Organisasi, Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016.

Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset, 2016.

Widiyanto, Mikha Agus. Statistika Untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan Agama Kristen, & Pelayanan Gereja: Lemgkap Dengan Konsep Dan Aplikasi SPSS. Bandung: Kalam Hidup, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj.v17i2.366
viewed = 0 times




Copyright (c) 2019 Jurnal Jaffray

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN 1829-9474
eISSN 2407-4047

Copyright © Jurnal Jaffray 2014-2023