Sudah Ramah Anakkah Gereja? Implementasi Konvensi Hak Anak Untuk Mewujudkan Gereja Ramah Anak

Tri Supartini

Abstract


 

Indonesia adalah salah satu negara peserta yang ikut mensahkan isi Konvensi Hak Anak (KHA), itu berarti Pemerintah Indonesia bertanggung jawab untuk melaksanakannya. Gereja sebagai lembaga keagamaan yang diakui pemerintah juga ikut memantau sekaligus pelaksana KHA. Gereja dalam pelayanan secara holistik, memberi keberpihakkan dan membela kepentingan terbaik anak yang adalah bagian dari isi KHA. Prinsip-prinsip KHA yaitu tidak membeda-bedakan anak, memberi yang terbaik bagi anak, memperhatikan hak hidup atau perkembangan anak dan menghargai pendapat anak. Gereja yang menerapkan prinsip-prinsip KHA akan dapat mewujudkan gereja yang ramah anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana implementasi prinsip-prinsip KHA dalam pendidikan Kristen untuk perwujudan gereja yang ramah anak. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif dan data dianalisa dengan rating scale. Adapun tempat penelitian dilakukan di Gereja Kebangunan Kalam Allah Indonesia jemaat Kendari provinsi Sulawesi Tenggara. Hasil penelitian, pada prinsip-prinsip KHA yaitu tidak membeda-bedakan anak, memberi yang terbaik bagi anak dan menghargai pendapat anak telah diterapkan dengan baik. Sedangkan prinsip memerhatikan hak hidup atau perkembangan anak didapatkan hasilnya kurang baik, khususnya penerapan pemahaman tentang advokasi anak masih kurang karena belum maksimalnya pelaksanaan sosialisasi tentang KHA di dalam gereja. Disarankan khususnya pembelaan terhadap anak di dalam atau di luar gereja harus lebih dioptimalkan. Gereja Kebangunan Kalam Allah Indonesia jemaat Kendari berada pada skala baik dalam mengimplementasi prinsip-prinsip KHA sehingga dikatakan menuju Gereja Ramah Anak (GRA).

Kata kunci: Konvensi Hak Anak, pendidikan Kristen, gereja ramah anak

Indonesia is one of the member states who has ratified the contents of the Convention of Children’s Rights (KHA), which means that the Indonesian government is responsible to carry it out. The church as a religious organization that is legalized by the government  also participates in the monitoring and  implementation of the KHA.  The church in holistic ministry, stand with and defends the best interests of childrenwho are part of the KHA. The principles of KHA are: not to differentiate between children, give the best for children,

 Churchconsider the child’s right to life or the development of the child, and respect the child’s opinion. The church that applies the principles of KHA will embody a church that is child-friendly. The aim of this research is to know how far to implement the KHA principles in Christian education for the embodiment of a child-friendly church. In this research quantitative research and data analysis with rating scales were used. As for the place of research, the research was done in Gereja Kebangunan Kalam Allah Indonesia in Kendari South Sulawesi. The results of this research were that the KHA principles of do not differentiate between children, give the best for children and respect the child’s opinion were properly applied by the congregation. However the principles of consider the child’s right to life or the development of the child obtained an outcome that was less satisfactory, particularly the application of the understanding of child advocacy was weak because the implementation of information on the KHA within the church is not yet maximal. It is suggested especially that the defense of children in or out of the church must be more optimized. Gereja Kebangungan Kalam Allah Indonesia Kendari is on a good scale in implementing the principles of KHA so that it can be said that they are leading to child-friendly church.

Key words: Convention of Children’s Rights, Christian Education, Child-Friendly


Keywords


Convention of Children’s Rights, Christian Education, Child-Friendly

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahsinin, Azkar. Memperjuangkan Kebijakan yang Memenuhi Hak Anak, Jilid II. Jakarta: World Vision Indonesia, 2009.

Brewster, Dan. Anak, Gereja dan Misi. Jakarta: Compassion International, 2005.

Brewster, Dan. Child, Church & Mission. Compassion Internasional, Agustus 2011.

Brewster, Dan. Children & Childhood in The Bible. Compassion Internasional, Agustus 2011.

Budiardjo, Tri. Anak-anak: Generasi Terpinggirkan? Yogyakarta: ANDI, 2010.

Budiardjo, Tri. Pelayanan Anak yang Holistik. Yogyakarta: ANDI, 2011.

Chandra, Tony. Wawancara Oleh Penulis. Kendari, Sulawesi Tenggara, 16 Januari 2016.

Choun, Robert J. and Michael S. Lawson, Children’s Ministry. Nashville: Thomas Nelson Publisher, 1993.

Christianto, Sendi. Wawancara Oleh Penulis. Kendari, Sulawesi Tenggara, 15 Januari 2016.

Dawn, Marva J. Is It A Lost Cause? Michigan: Wm. B. Eerdmans, 1997.

Djaya, Grace Maya. Wawancara Oleh Penulis. Kendari, Sulawesi Tenggara, 14 Januari 2016.

Homrighausen dan Enklaar, Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991.

Hukum Tata Negara. “Anak, Hak Anak, Konvensi, Perlindungan.” Diakses 14 Mei 2013, http://yudicare.wordpress.com/2011/04/19/tinjauan-terhadap-konvensi-hak-anak/.

Isjoni, KTSP sebagai Pembelajaran Visioner. Bandung: Alfabeta, 2009.

Keeley, Robert J. Menjadikan Anak-anak Kita Bertumbuh dalam Iman. Yogyakarta: Andi, 2009.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Undang-Undang Republik Indonesia No.23 Tahun 2002. Jakarta: 2011.

Kilbourn, Phyllis. Children In Crisis: A New Commitmen. Malang: YPPI-Dep.PAP, 1996.

Kristianto, Paulus Lilik. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Andi, 2008.

Laufer, Ruth & Anni Dyck. Pedoman Pelayanan Anak. Surabaya: Bahtera Grafika, n.d.

Lie, Paulus. Mereformasi Sekolah Minggu. Yogyakarta: PBMR Andi, 2003.

MacArthur, John. Kiat Sukses Mendidik Anak dalam Tuhan. Jakarta: Immanuel, 2002.

Meringgi, Yetty. Wawancara Oleh Penulis. Kendari, Sulawesi Tenggara, 14 Januari 2016.

Miles, Glenn dan Josephine-Joy Wright. Celebrating Children. USA: Paternoster Press, 2003.

Moffitt, Bob dan Karla Tesch. Andaikan Yesus Kepala Daerah. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2010.

Nasution, S. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Palar, Ivone P. “Anak Adalah Agen Khusus Allah” Majalah Sahabat Gembala, November 2006.

Palar, Ivone. “Anak Adalah Bagian Kerajaan Allah.” Majalah Sahabat Gembala, Maret/April 2006.

Palar, Ivone P. “Anak Juga Merupakan Bagian Kerajaan Allah” Majalah Sahabat Gembala, Maret/April 2006.

Palar, Ivone P. “Anak Juga Merupakan Bagian Kerajaan Allah I” Majalah Sahabat Gembala, Februari 2006.

Palar, Ivone P. “Anak Juga Merupakan Bagian Kerajaan Allah Bagian II” Majalah Sahabat Gembala, Maret/April 2006.

Palar, Ivone P. Diktat Formasi Kehidupan Rohani II. Makassar: STT Jaffray, 2012. Belum dipublikasikan.

Richard, Lawrence O. Mengajarkan Alkitab Secara Kreatif. Bandung: Kalam Hidup, 2000.

Richards, Lawrence O. Pelayanan Kepada Anak-anak. Bandung: Kalam Hidup, 2007.

Robertson, Olive. Wawancara Oleh Penulis. Kendari, Sulawesi Tenggara, 16 Januari 2016.

Roehlkepartain, Jolence L. Children’s Ministry That Works. Colorado: Group Books, 1991.

Ronda, Daniel. Leadership Wisdom. Bandung: Kalam Hidup, 2011.

Selan, Ruth F. Pembinaan Warga Jemaat. Bandung: Kalam Hidup, 1994.

Setiawani, Mary Go. Menerobos Dunia Anak. Bandung: KalamHidup, 2000.

Sidjabat, BS. Membesarkan Anak dengan Kreatif. Yogyakarta: Andi, 2008.

Simanjuntak, Julianto & Roswitha Ndraha, Menuai Keturunan Tangguh. Banten: Yayasan LK3.

Stafford, Wess. Too Small to Ignore. Jakarta: Metanoia, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Susilowati, Ima, dkk. Pengertian Konvensi Hak Anak. Jakarta: Unicef Perwakilan Indonesia, 2003.

Tata Dasar dan Tata Laksana Gereja Kebangunan Kalam Allah Indonesia. Revisi 2008.

Tim Kerja Buku Kurikulum Sekolah Minggu Bermuatan Konvensi Hak Anak. Yesus Cinta Semua Anak. World Vision Indonesia, 2007.

White, Keith J. Reflections On Living With Children. London: Christian Child Care Forum, 2008.

Wilson, Bill. Anak Siapakah Ini? New York: Metro Ministry, 2012.

Wilson, Bill. Si Badak Teflon. Brooklyn: Metro Ministries, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v15i1.233
Abstract viewed = 0 times | PDF (Indonesian) downloaded = 0 times




Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN 1829-9474
eISSN 2407-4047

Copyright © Sekolah Tinggi Theologia Jaffray 2014.