Peran Orang Tua Sebagai Keluarga Cyber Smart Dalam Mengajarkan Pendidikan Kristen Pada Remaja GKII Ebenhaezer Sentani Jayapura Papua

Elsyana Nelce Wadi, Elisabet Selfina

Abstract


Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui peran orangtua dalam mengajarkan Pendidikan Agama Kristen kepada remaja. Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kajian pustaka, penyebaran angket tertutup kepada orang tua dan remaja serta melakukan wawancara terhadap objek kajian. Adapun kesimpulan karya ilmiah ini adalah peran orangtua dalam mengajarkan Pendidikan Agama Kristen kepada remaja yaitu mengajarkan firman Tuhan, menjadi pendidik, menjalankan disiplin, menjadi teladan bagi remaja dan menciptakan keluarga cyber smart. Peran orang tua menjadi penentu kehidupan masa remaja anak. Orang tua yang dapat mengerti dan memahami perannya dengan baik akan menuntun remaja kepada jalan yang benar seperti yang dikehendaki oleh Tuhan sebaliknya, orang tua yang tidak memahami perannya dengan baik di dalam keluarga akan kehilangan anak remajanya di era globalisasi ini.


Keywords


peran, orang tua, Pendidikan Agama Kristen, remaja, globalisasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Carlson, L., R. N. Laczniak and C. Wertley, “Parental Style.” Journal of Advertising Research, 51/2 (2011):427-435.

Chou, Mei-Ju, and Chiou-Fan Fen, “Parent-Child Play within Information Technology: A Quest for Quality Family Atmosphere,” Procedia - Social and Behavioral Sciences 122, (2014 ):273 – 282.

Grace, Adewumi M., Olojo oludare Jethro, Falemu Funke Aina, “Roles Of Parent On The Academic Performance Of Pupils In Elementary Schools,” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 2, No. 1 (January, 2012): 196-201.

Griffith Institute for Educational Research, “The ACMA Cybersmart Outreach Program Evaluation Qualitative Report,” diakses 10 Dember 2015, http://www.cybersmart.gov.au/About%20Cybersmart/Research/~/media/Cybersmart/About%20Cybersmart/Documents/The%20ACMA%20Cybersmart%20Outreach%20Program%20Evaluation%20Qualitative%20Report%20October%202011%20Griffith%20University.PDF.

Grinnel, Ann. Pembacaan Wajib PAK Remaja-Pemuda. Makassar: STT Jaffray, 2012.

Howard Hendriks, Membina Temperamen Anda. Bandung: Kalam Hidup, 1982.

Johnson, Genevieve M. “Internet Use and Child Development: Validation of the Ecological TechnoSubsystem.” Educational Technology & Society, 13/1, (2010): 176–185.

Matheus, J. dan Elisabet Selfina, “Peran Pembina Remaja Bagi Perkembangan Perilaku Remaja Di GKII Tanjung Selor Kalimantan Utara.” Jurnal Jaffray 13, No. 1 (April 2014):1-22.

Nikken, Peter. “Parental Mediation of Young Children’s Internet Use.” Mediation of Internet use, 2011. Diakses 12 Januari 2016, http://www.lse.ac.uk/media@lse/research/EUKidsOnline/Conference%202011/Nikken.pdf.

Pratama, Hellen Chou. Cyber Smart Parenting.Bandung: Visi Anugerah Indonesia, 2012.

“Suara Kenabian Tentang Anak dan Pemuda di Tengah Krisis.” Buletin BPC Perkantas Edisi Agustus, 2009.

Subrahmanyama, K., Patricia Greenfield, Robert Kraut, Elisheva Gross, “The impact of computer use on children’s and adolescents’ development.” Applied Developmental Psychology 22 (2001): 7-30.

Vasarhelyi, Miklos A. and Lynford G




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v14i1.190
viewed = 0 times




Copyright (c) 2016 Jurnal Jaffray

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN 1829-9474
eISSN 2407-4047

Copyright © Jurnal Jaffray 2014-2023