Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

Ivan Th.J Weismann

Sari


Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh antara gaya
kepemimpinan dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Theologia
Jaffray Makassar.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 responden dari 391
mahasiswa. Teknik pengumpulan data ialah melalui angket. Metode analisis data
yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Adapun hasil penelitian ini ialah Pada tingkat kematangan mahasiswa yang
mampu dan mau (M4), tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya
kepemimpinan delegasi (G4) dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa. Pada
tingkat kematangan mahasiswa yang mampu tetapi tidak mau (M3), terdapat
hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan partisipasi (G3) dosen terhadap
motivasi belajar mahasiswa. Pada tingkat kematangan mahasiswa (M2) yang tidak
mampu tetapi mau, tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan
konsultasi (G2) dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa. Pada tingkat
kematangan mahasiswa yang tidak mampu dan tidak mau (M1), terdapat hubungan
yang signifikan antara gaya kepemimpinan instruksi (G1) dosen terhadap motivasi
belajar mahasiswa.

Kata Kunci


gaya kepemimpinan dosen, motivasi belajar mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


B. Uno, Hamzah. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Gorontalo: Bumi

Aksara,2006.

Munandar, Ashar Sunyoto. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta:UI

Devies, 2001.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Jakarta:PT Remaja Rosdakarya,

Rohman, Arif. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta:

LaksBang Mediatama Yogyakarta, 2009.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT

Rajagrafindo, 2007.

Sugihartono, dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Thoha, Mihtah. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta:PT Rajagrafindo,




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v11i1.75

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.