Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

Yonas Boky

Sari


Bidang akademik Sekolah Tinggi Theologia Jaffray telah berusaha sebaik mungkin untuk melakukan pelayanan kepada mahasiswa sebagai konsumennya. Namun tidak dapat dipungkiri lagi bahwa selalu saja ada kekurangan dalam pelayanannya sehingga menimbulkan ketidakpuasan dari mahasiswa sebagai pelanggannya. Kenyataannya, kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik berbeda-beda. Oleh karena itu tujuan penulisan ini adalah Pertama, untuk menjelaskan sejauh mana tingkat kepuasan mahasiswa S1 terhadap pelayanan bidang akademik Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar berdasarkan hierarki kebutuhan Maslow. Kedua, menjelaskan bagaimana bidang akademik Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Strategi untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap layanan Akademik STFT Jaffray Makassar adalah perlunya melaksanakan hal-hal yang menjadi prioritas utama, seperti: pelayanan akademik mampu bertindak cepat atas setiap keluhan mahasiswa, adanya evaluasi di bidang akademik sendiri secara rutin untuk melihat sejauh mana tingkat kepuasan mahasiswa itu tercapai, sistem komputerisasi akademik yang sudah berjalan baik walaupun dinilai oleh mahasiswa masih perlu peningkatan lagi. Hal-hal yang harus dipertahankan oleh bidang akademik STFT Jaffray Makassar adalah pihak kampus harus terus memberikan keamanan dan kenyamanan kepada mahasiswa, memberikan bimbingan akademik maupun konseling bagi mahasiswa yang mengalami kendala.

The academic department of Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray has striven to minister to students as consumers, the fact is, contentment differs among students toward the service given by academics. Because of this, the purpose of this writing is as follows: First, to explain how high the level of contentment is among bachelor level students towards the services of the department of academics of Sekolah Tinggi Theologia Jaffray based on Maslow’s hierarchy of needs. Second, to explain how the academic department at Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray carries out its tasks and responsibilities. The strategy to raise the satisfaction of the students toward the service of Academics at Sekolah Tinggi Theologia Jaffray is to carry out those things that have become the main priorities, such as: academic services is able to respond quickly to every student complaint, there will be a routine evaluation of the academic department alone to see how far the level of student satisfaction has been reached, an academic computer system that, although has already been running, according to students, needs to be improved. Those things that need to be maintained by the academic department of Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray are that the campus must continue to give safety and comfort to its students, give student academic guidance as well as counseling to those students who have experienced obstacles/who have undergone school discipline.


Kata Kunci


hierarki, kepuasan, mahasiswa, kebutuhan, Maslow, akademik, STFT Jaffray, Makassar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul-Muhmin, Alhassan G. “Effects of Suppliers’ Marketing Program Variables on Industrial Buyers Relationship Satisfaction and Commitment.” Journal of Business and Industrial Marketing 17, No. 7 (2002):637-649.

Band, William A. Creating value for customer: Designing and Implementation a Total Corporate Strategy. John Walley and Sons Inc, Canada, 1991.

Biong, H. “Satisfaction and Loyalty to Suppliers Within Grocery Trade.” European Journal of Marketing 27/7 (1993):21-38.

Gaspersz, V. Penerapan Konsep VINCENT Tentang Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Yayasan Indonesia Emas dan Gramedia, 2002.

Gaspersz, V.Total Quality Management.Jakarta: Gramedia, 2008.

Halim, D. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Restoran Miramar Medan.” Skripsi SE. Universitas Sumatera Utara, 2006.

Iswani, A. dan T. S. Yanti. “Analisis Faktor-Faktor Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Universitas Islam Bandung sebagai Institusi Pendidikan Tinggi.” Makalah yang dipresentasikan pada Prosiding untuk Universitas Islam Bandung, 2011.

Kotler, P. dan Gary Armstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 2008.

Lupiyoadi, R. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat, 2003.

Muhaimin, Manajemen Pendidikan Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana, 2010..

Musanto, T. “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya.” Jurnal Manajemen & Kewirausahaan 6, no. 2 (September 2004): 123-136.

Patton, P. EQ Pelayanan Sepenuh Hati, Meraih EQ untuk Pelayanan yang Memuaskan Pelanggan. Jakarta: Pustaka Delapratasa, 2000.

Philip Kotler, Pemasaran Jasa. Jakarta: Erlangga, 2002.

Rangkuti, F. Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship Strategy. Jakarta: Gramedia, 2003.

Robbins, Stephen P. dan Judge. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia, 2006.

Sallis, E. Total Quality Management in Education. Yogyakarta: IRCiSoD, 2007.

Sedarmayanti, Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik). Bandung: Refika Aditama, 2009.

Siagian, S. P. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung, 1982.

Supranto, J. Metode Riset Aplikasi Dalam Pemasaran. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1991.

Supranto, J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Tampubolon, Daulat P. Perguruan Tinggi Bermutu Baru Manajemen Pendidikan Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Jakarta: Gramedia, 2001.

“Teori Hierarki Kebutuhan Maslow.” Diakses 5 Mei 2016. https://dhinadhina39.wordpress.com/2013/04/27/teori-hierarki-kebutuhan-Maslow-add-media-abraham-Maslow/.

Tjiptono, F. Manajemen Jasa. Yogyakarta: ANDI, 1998.

W., Erwan. Manajemen Kualitas Produksi Dan Jasa.Yogyakarta: Ekonisia, 2007.

Yamif, Z. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa.Yogyakarta: Ekonisia, 2001.

Yulairmi dan Putu R. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v14i2.213

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.