Dampak Partisipasi Orangtua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMU Kristen Diakui Makassar

Polikarpus Kapan'

Abstract


Pada era globalisasi ini terjadi kemajuan diberbagai sendi kehidupan manusia yang sudah sangat maju, khusus pada bidang pendidikan. Boleh dikatakan bahwa ridak adalagr
kelurahan yang tidak punya sekolah. Di kota-kota besar berdiri berbagaijenis pendidikan baik yang dikelolah oleh Negara maupun swasta bahkan ada pendidikan yang dikeloah oleh Asing atau yang bertaraf Intemasional. Saranadanprasaranadisiapkanunrukmemberikankenyamana
dan kemudahan bagi peserta didik dalam menyerap pelajaran. Namun keberhasilan siswa dalam meraih prestasi masih sangat jauh dari harapan seperti tergambar pada hasil Ujian
Nasional. Karna itu sangatlah diharapkan peran serta setiap orang tua dalam mendampingi
serta memberikan motivasi kepada anak-anaknya sehinga prestasi yang diharapkan dapar
tercapai.
Oleh sebab itulah melalui tulisan ini akan dipaparkan tentang partisipasi orang rua dalam
mencapaiprestasi anak
Kata Kunci: Partisipasi, Orangrua, motivasi dan prestasi

Keywords


Partisipasi, Orangrua, motivasi dan prestasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ardana, Wayan. 1986. Dasar-Dasar Kependidikan, Pengaruh Pendidikan Luar Sekolah

Terhadap Pendidikan di Sekolah, Modul4. Malang: IKIP Fakultas Ilmu Pendidikan.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rinekacipta.

Bukka, Muhammad. 2000. Pengaruh Tes Formatif dan Minar BelajarTerhadap Hasil

Belajar Matematika. Disertai UNJ tidak diterbitkan.

Darajat, Zakiah. i995. Pendidikan islam Dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung:

Ruhama.

Depdikbud. 1996. KamusBesarbahasalndonesia. EdisiKedua. Jakarta:BalaiPustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Firdaus, dkk. 1999. Pengaruh Partisipasi dan Pola Asuh Orang rua Dalam Pendidikan

Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama dan PendidikanJasmani dan Kesehatan Murid

SD di Kota Makassar. Laporan Hasil Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Ghozali, Abbas. 2000. Pengaruh Latar Belakang Keluarga dan Faktor Sekolah

Terhadap Keberhasilan Lulusan SLTA. Jumal Pendidikan dan Kebudayaan nomor 024 tahun

ke 6.

Goode, WilliamJ. Sosiologi Keluarga. Diterjemahkan oleh Lailahanoum Hasyim.

Jakarta: Bumi Aksara.

Koesrvara E. 1989. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Bandung: Angkasa.

Pidarta, Made. 1997. Peranan Ibu Dalam Pendidikan Anak..furnal ilmu Pendidikan

Nopember 1997. Jfid4 nomor 4

Sahabuddin . 1997 . Faktor-Faktor yang menunjang Efektivitas hoses Belajar Mengajar.

Naskah disampaikan pada Seminar Akademik IV PGSD D-ll FIP IKIP Ujung Pandang.

Sahabuddin. 1999. MengajardanMengajar. Makassar: BadanPenerbitUniversitas

Negeri Makassar.

Sardiman. 2000. Interaksi 6s Motivasi Belajar Mengajarl. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Shocib, Muhammad. 1998. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: funeka Cipra.

Si;rgian, Sondang, P. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya.Jakarta: funeka Cipta.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang lvlempengaruhinya. Jak:rrra:

nekaCipta

Sudjana, Nana.l995. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosd;rkarya.

Suryosubroto,B.1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v6i2.106
viewed = 0 times




Copyright (c) 2008 Jurnal Jaffray

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pISSN 1829-9474
eISSN 2407-4047

Copyright © Jurnal Jaffray 2014-2023